Wildarti:
Bertekun Mengerjakan Pemuridan

Kehadiran Perkantas di Palu dimulai dengan adanya pelayanan mahasiswa oleh beberapa mahasiswa dan dosen pada tahun 1982 di Fakultas Pertanian UNTAD. Tujuh tahun setelah dirintis dengan segala pergumulannya, Perkantas Cabang Palu resmi berdiri dengan SK BPU pada bulan Juli 1989. Pelayanan PMK di Kota Palu mengalami banyak kemajuan, khususnya dari segi kehadiran mahasiswa di Persekutuan Besar dan terbentuknya Kelompok Kecil. Dalam perkembangan pelayanan, Perkantas Palu juga melayani siswa melalui Tim Pembimbing Siswa dan melayani alumni melalui Persekutuan Alumni Kristen (PAK) Palu.

Perkembangan pelayanan terkini

Dalam pelayanan siswa, ada satu sekolah yang sepenuhnya dilayani dalam pemuridan, yakni SMA GKST. Puji Tuhan, pihak sekolah mempercayakan pembinaan adik-adik sepenuhnya kepada Perkantas. Sementara itu, terdapat tiga sekolah yang dilayani melalui KTB (SMAN 1, SMAN 2, SMA madani). Ada pula sekolah perintisan, seperti SMAN 5 yang masih sebatas kelompok PA meskipun guru pembina telah mempercayakan pembinaan siswa kepada Perkantas.

Demikian pula dengan SMA Lab School yang masih sebatas kelompok PA. Sedangkan pelayanan di SMA Karunadipa baru sebatas pendampingan insindentil dan masih merintis pemuridan. Adapun jumlah KK siswa saat ini adalah 13 kelompok dengan 8 PKK. Pelayanan siswa juga dilayani melalui student fellowship setiap hari Sabtu minggu ke-3.

Untuk pelayanan mahasiswa, sampai saat ini terdapat 15 kampus/fakultas yang dilayani oleh Perkantas, yakni beberapa PMK di Universitas Tadulako dan beberapa kampus Swasta. Per Juni 2016, ada 61 KK yang terdata dengan jumlah PKK 43 orang. Persekutuan Besar PMK Palu rutin dilakukan setiap hari Sabtu minggu ke-2. Hingga sekarang, kebutuhan PKK di beberapa PMK terus menjadi pergumulan. Kiranya Bapa mengutus para pekerja-Nya untuk memenuhi kebutuhan ladang ini.

Saat ini, Perkantas Palu memiliki dua staf lapangan, yaitu Roedy (Staf Mahasiswa) dan Agus (Staf Siswa), satu staf kantor (Wilda), dan empat associate staff. Beberapa staf dan associate staff akan mengakhiri komitmen di tahun 2018, dan hingga saat ini BPC beserta staf terus bergumul untuk staf penuh waktu jangka panjang di Perkantas Palu. Associate staff siswa (Putra) berencana menikah bulan Juli 2017, doakan agar kiranya Tuhan mempersiapkan dan meneguhkan hati untuk menikah dan berkeluarga, juga agar calon pasangan dapat menjadi penolong yang sepadan. Saat ini, Seny (staf alumni) sedang dalam rencana studi 2017 di SAAT Malang dengan jurusan konseling. Kiranya Tuhan menuntun selama studi dan mencukupkan segala keperluan.

Pergumulan yang dihadapi dalam pelayanan mahasiswa saat ini, beberapa kampus multiplikasi pemuridan bermasalah (Fisip, PMKO, Fak. Ekonomi, Hukum UNTAD, STIFA). Kualitas PKK dan CPKK yang menurun di beberapa kampus berpotensi mengganggu kesinambungan pemuridan (FMIPA UNTAD, FATEK UNTAD, Fak. Kehutanan UNTAD, FKIK UNTAD, STIE PB, STIKES WN, STMIK AG). Sementara itu di pelayanan siswa, yang sedang menjadi pergumulan adalah kurangnya PKK Siswa dan TPS, karena kebanyakan siswa yang telah dibimbing tidak lagi ke pelayanan siswa setelah lulus.

Bersyukur di tengah pergumulan

Di tengah pergumulan pelayanan, yang patut disyukuri adalah bahwa Perkantas Palu masih dipercaya untuk pemuridan, baik sebagai pembicara tentang pemuridan di berbagai kampus, hingga sebagai penyedia buku-buku pemuridan. 

Puji syukur kepada Tuhan yang telah mengaruniakan visi dan komitmen kepada BPC untuk memulai pembangunan rumah persekutuan. Saat ini, rumah persekutuan masih dalam tahap finishing, meski ruangan-ruangan sudah bisa dipakai untuk aktivitas kantor dan pelayanan. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai pelayanan Perkantas Palu, sehingga menghasilkan siswa, mahasiswa, maupun alumni yang mengasihi Tuhan dan sesama, menjadi berkat bagi keluarga, gereja, masyarakat, dan juga bangsa. Haleluya!