Pelayanan Alumni

Banyak yang mengatakan bahwa dunia kerja adalah “the real world.” Maksudnya, di dalam dunia profesional inilah, hal-hal yang tadinya hanya dipelajari semasa sekolah dan kuliah mulai diterapkan secara nyata. Dunia kerja boleh dikatakan lebih kompetitif dan “kejam” jika dibandingkan dengan dunia siswa atau mahasiswa. Di sinilah kualitas ilmu dan iman seseorang benar-benar diuji, tak terkecuali alumni Kristen.

Namun demikian, ternyata tidak semua alumni Kristen dapat sungguh-sungguh bertahan dalam memperjuangkan nilai-nilai imannya di tengah dunia kerja, apalagi jika di tempat kerja tidak mendapati teman yang “sepadan” dalam pertumbuhan iman. Seperti kata pengkhotbah bahwa “berdua lebih baik daripada seorang diri” dan “tali tiga lembar tidak mudah diputuskan” (Pkh. 4:9a,12b), alumni Kristen akan berdampak lebih efektif jika bertumbuh dalam persekutuan. Inilah yang mendorong munculnya pelayanan alumni Perkantas.

Pelayanan alumni Perkantas secara nasional diwadahi dalam Graduate Center yang memilikidivisi-divisi pelayanan, yakni:
1. Divisi Pendidikan, Budaya, dan Media
2. Divisi Sosial, Politik, dan Hukum
3. Divisi Bisnis, Ekonomi, dan Pengembangan Masyarakat
4. Divisi Pengembangan Pelayanan Keluarga, Gereja, dan Karir
5. Divisi Pengembangan PAK dan Networking

Selain berbagai pertemuan rutin, pelatihan, maupun seminar yang diadakan oleh masing-masing divisi, pelayanan alumni Perkantas secara nasional juga dilaksanakan dalam bentuk Kamp Nasional Alumni (KNA) yang diselenggarakan tiap tiga tahun sekali.