R2PN Litbang & SPP Kuantitatif:
Penelitian Bagi Pengembangan Pelayanan

Pada akhir bulan Mei yang lalu, tepatnya pada tanggal 24 hingga 25 Mei 2020, Tim Litbang Perkantas menyelenggarakan Retret, Rapat, dan Pelatihan Nasional Litbang (R2PN Litbang). Puji Tuhan, keseluruhan acara yang dilangsungkan secara online tersebut dapat bejalan tanpa kendala berarti.

R2PN Litbang tahun ini diikuti oleh 28 peserta dari 23 daerah, yang semuanya bersemangat menyimak pemaparan dari para trainer. Terdapat dua jenis penelitian yang dilatihkan, yakni penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Untuk materi penelitian kuantitatif, dr. Christine Verawaty Sibuea menjadi trainer, sedangkan Sutrisna Harjanto, Ph.D menjadi trainer untuk pelatihan penelitian kualitatif.

Panitia, Trainer, dan Peserta R2PN Litbang

Setelah R2PN Litbang selesai, terdapat event-event lanjutan, yakni Seri Pelatihan Penelitian (SPP) Kuantitatif dan Kualitatif. Yang pertama diselenggarakan adalah SPP Kuantitatif, dengan Ristarin Paskarina Zaluchu, M. Med. Ed. dan dr. Christine Verawaty Sibuea bergantian sebagai trainer. Pelatihan diselenggarakan sejak tanggal 16 Juni setiap hari Selasa pukul 16.00 WIB.

Puji Tuhan, terdapat 67 peserta pelatihan dari berbagai daerah yang secara rutin mengikuti SPP Kuantitatif, dimana masing-masing peserta diajarkan untuk membuat rancangan penelitian, mulai dari menentukan tujuan penelitian hingga menentukan sampel.

Kiranya makin banyak staf dan pengurus di daerah yang melihat pentingnya data bagi pelayanan, sehingga Perkantas di daerah maupun secara nasional memiliki pelayanan yang “data-driven“, sehingga secara kontekstual mampu menjawab kebutuhan siswa, mahasiswa, atau alumni yang dilayani. Semua demi kemuliaan nama Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Translate »