Divisi Pendidikan, Budaya, dan Media:
Training for Trainers – Educational Care 2014

Banyak guru di berbagai pelosok Indonesia yang belum mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan atau mendapatkan pelatihan, apalagi pelatihan dalam menerapkan prinsip-prinsip Alkitab dalam menjangkau dan mengajar anak-anak dengan kasih Allah.

Melihat realita tersebut, Divisi Pendidikan GC pun menggandeng World Wide Christian Schools (WWCS) untuk menyelenggarakan Training for Trainers- Educational Care (TfT-EC). Program ini terdiri dari enam modul topikal yang disampaikan secara praktis dan interaktif dalam bentuk Penggalian Alkitab, yang diakhiri dengan pembuatan “action plan” oleh setiap peserta yang menjabarkan langkah terapan dari setiap topik yang dipelajari dalam hidup dan di sekolah, di dalam, dan di luar kelas.

Ada dua tahapan dalam TfT-EC kali ini, yaitu tahap pertama (14-16 Juli 2014) membahas modul 1-2, dan tahap kedua (16-19 Juli 2014) membahas modul 3-6. Peserta yang mengikuti TfT-EC tahap kedua (modul 3-6) adalah peserta TfT tahap satu dan juga peserta TfT-EC modul 1-2 tahun lalu.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam tahap ini, adalah: Wawasan Alkitab, Bagaimana Siswa Belajar, Mengembangkan Bakat Murid, Disiplin Preventif dan Korektif, Kepemimpinan di Sekolah, serta Tujuan dan Nilai Sekolah.

TfT-EC ini dihadiri oleh guru-guru dari beberapa daerah di Indonesia, yang diharapkan menyelenggarakan pelatihan sendiri di daerah asal mereka. Kiranya acara ini membawa kebaikan bagi guru yang hadir, bagi sekolah tempat mereka mengajar, dan bagi Indonesia.

WWCS adalah sebuah organisasi yang berdiri sejak tahun 1987 di Amerika Serikat, dengan visi memberikan pendidikan yang berkualitas kepada semua orang tanpa memandang tingkat pendapatan, agama, ataupun ras. Salah satu programnya adalah Educational Care, yang memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam meningkatkan kualitas mengajar mereka di kelas. EC juga mendorong dan memberdayakan guru-guru yang sudah mendapatkan pelatihan untuk memberikan pelatihan yang sama kepada rekan-rekan kerja di daerah masing-masing.

Pertemuan FDKI (Forum Dosen Kristen Indonesia)

Pada tanggal 11 Mei 2014 yang lalu, telah dilaksanakan pertemuan dosen di kediaman bapak Jonathan Parapak. Pada pertemuan ini, para dosen yang hadir berdiskusi dengan topik “Christian Worldview in Higher Education”. Diskusi yang berlangsung dengan hangat dan aplikatif ini dipimpin oleh bapak Partogian Sormin dari UPH. Puji Tuhan atas 15 orang yang hadir (dosen dan staf GC) pada pertemuan ini.

Rencananya, diskusi seperti ini akan diadakan rutin setiap tiga bulan sekali dengan topik-topik yang sesuai dengan pergumulan para dosen. Doakan agar melalui FDKI, dosen Kristen mendapat wadah bersekutu yang memperlengkapi mereka dalam mendidik mahasiswa.

Pelatihan Penulisan

Puji syukur kepada Tuhan untuk Pelatihan Penulis Pemula tanggal 15 Februari 2014. Dari hasil evaluasi pelatihan pertama, muncul kebutuhan untuk pelatihan tahap lanjut.

Oleh karena itu, tim Divisi Media dan Budaya melaksanakan pelatihan untuk kelas lanjutan pada bulan Agustus, yang dibagi dalam kelas-kelas penulisan yang lebih spesifik, yaitu kelas Puisi, Opini, serta Biografi dan Renungan. Kiranya melalui pelatihan-pelatihan penulisan yang diadakan, dapat dihasilkan penulis-penulis yang memberkati bangsa ini melalui tulisan mereka.