Graduate Center:
Melayani Berbagai Minat dan Profesi

Pelayanan Graduate Center (GC) Perkantas adalah sentra pelayanan alumni Perkantas secara nasional, yang bertujuan untuk membantu perintisan dan pengembangan pelayanan alumni agar lebih berdampak bagi bangsa, negara, gereja, tempat kerja, keluarga, maupun pelayanan siswa dan mahasiswa. Dengan dukungan dari para alumni yang terus setia melayani di tengah-tengah kesibukan profesi masing-masing dan di dalam anugerah Tuhan, Graduate Center telah mengerjakan beberapa kegiatan pelayanan sepanjang awal tahun ini. Berikut ini laporan kegiatan dari tiap divisi:

 

Divisi Pendidikan

TFT Educational Care (TFT EC)
Puji syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya Training for Trainer Educational Care (TFT EC) Modul 1-2 di Medan (6-8 Januari 2014) dan Balige (10-12 Januari 2014). Trainer yang terlibat, yaitu: Frida Hutagalung, Gustaf Nenu-Blegur, Indrawaty Sitepu, Mala, Rasnanita Ginting, dan Realita F Lubis. Mereka adalah peserta TFT EC tahun 2013 lalu yang kembali melakukan training sebagai penerapan rencana aksi mereka. TFT EC ini memang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari TFT EC sebelumnya. Di Medan, TFT EC dihadiri oleh sembilan orang staf Komindo (Komunitas Indonesia) yang mengajar di lembaga bimbingan belajar di Aceh dan Nias.
Sementara itu di Balige, hadir 18 orang guru yang terdiri dari 5 guru dari Siantar, 4 guru dari Balige, 3 guru dari Siborong-borong, 1 guru dari Doloksanggul, 4 guru dari Tarutung, dan 1 guru dari Samosir. Peserta sangat bersemangat ketika mengikuti TFT ini. Mereka juga membuat rencana aksi yang akan mereka kerjakan sebagai tindak lanjut ke depan. Kiranya apa yang telah dibagikan makin memperlengkapi peserta dalam memajukan dunia pendidikan di negeri ini.
Pada 16-19 Juli 2014 akan diadakan kembali TFT EC untuk Modul 3-6 di Guest House OMF, Jakarta. Peserta yang akan mengikuti TFT ini adalah peserta TFT Modul 1-2 yang sudah melakukan rencana aksinya. Doakan panitia dan peserta dalam mempersiapkan TFT ini.

Gathering Dosen
Pada tanggal 30 Maret 2014 lalu, dilaksanakan Gathering Dosen di Pintu air dengan tujuan agar para dosen dapat berjejaring dan memikirkan bersama pelayanan yang efektif. Agenda yang dibahas adalah mengenai pentingnya keberadaan forum dosen, pemilihan pengurus, dan pembuatan program. Doakan agar gathering ini makin memperlengkapi para dosen Kristen dalam mengerjakan panggilan mereka.

Divisi Media dan Budaya

Pelatihan Penulis
Puji syukur kepada Tuhan untuk Pelatihan Penulis Pemula yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2014 dan dihadiri oleh 21 orang peserta. Bapak Yoel Indrasmoro menjadi pembicara dalam acara yang bertujuan untuk menumbuhkan penulis-penulis Kristen yang aktif menjadi garam dan terang melalui tulisan. Doakan persiapan maupun pelaksanaan Pelatihan Penulis untuk tahap lanjut yang akan dibagi dalam kelas-kelas spesifik dan akan diadakan pada tanggal 12 Juli 2014.

Divisi Bisnis

Gathering Bisnis
Puji syukur atas berkat Tuhan Yesus dalam acara Gathering Bisnis yang terselenggara pada hari Sabtu, 22 Februari 2014, di gedung BPPT. Acara yang dihadiri oleh sekitar 140 orang peserta ini menjadi lebih istimewa karena dihadiri pula oleh tiga komunitas, yaitu Komunitas Karyawan Muda Katholik (KKMK), Sinar Foundation, dan Perkantas. Ketiga komunitas ini bersatu dalam wadah: “Christpreneurs Business Community”. Komunitas baru ini akan terus berjejaring dengan menggumulkan visi bersama, yaitu: “Business for the Glory of God”.
Gathering dimulai dengan Refleksi Firman oleh Iin Sitepu, yang diambil dari Matius 25:14-30 (Perumpamaan tentang Talenta), dimana peserta diingatkan tentang bagaimana mengembangkan talenta sesuai konteks bisnis sesuai iman Kristen. Setelah itu, praktisi bisnis Roy Sembel memberikan pengalamannya dengan judul “God Business is Always good Business” dan memperkenalkan “The WISDOM Way” (Watak, Impian, Siasat, Didik, Otak-otot, Meter-monitor-manajemen). Pemerhati dan penggerak kewirausahaan, Antonius Tanan, juga tidak kalah semangat memberikan pengalamannya mengajak bangsa Indonesia memiliki jiwa-mental entrepreneur yang kreatif namun bisa diterima masyarakat yang disebut inovasi melalui UCEO (Universitas Ciputra Entrepreneur On Line).

Camp Christ Entrepreneur Development
Sebagai tindak lanjut dari Gathering Bisnis, pada tanggal 29-30 Maret 2014 dilaksanakan Camp Christ Entrepreneur Development di Wisma Canossa Bintaro, kemudian dilanjutkan dengan program pendampingan melalui kelompok per wilayah. Pembicara dalam acara ini, antara lain Agung B Waluyo (Direktur Program Food & Nutrition Universitas Surya), Christovita Wiloto (CEO, Founder, & Owner Power PR Asia Pacific), Ferry Widagda Atmadi (Executive Director MDI TACK Training Int.), dan Handy Pardjoko (Founder & Managing Director PT Grable Indonesia). Kamp yang diikuti 30 orang peserta ini “melahirkan” enam kelompok KTB bisnis. Kiranya melalui kegiatan-kegiatan yang ada, Divisi Bisnis GC dapat turut berkiprah dalam pengembangan dunia usaha di Indonesia.

Divisi Pemberdayaan Masyarakat

Training Pemberdayaan Masyarakat
Pada bulan Mei hingga Oktober tahun 2014, akan dilaksanakan training pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan sebulan sekali. Tujuan training adalah untuk memperlengkapi alumni yang peduli pada pemberdayaan masyarakat mengenai ragam metode dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Materi-materi training ini diharapkan dapat disusun menjadi buku panduan pemberdayaan masyarakat berikutnya.

Divisi Hukum dan Politik

KTB KPHI
Bersyukur untuk KTB KPHI yang terus berjalan 1 kali 2 bulan. Tahun ini, KPHI akan membuat buku PA Hukum. Buku PA ini dibuat dari bahan-bahan KTB yang sudah dibahas di dalam KTB KPHI tahun lalu. Buku PA ini diharapkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan alumni hukum. Doakan proses penyelesaian buku PA Hukum ini, agar kiranya buku ini nantinya dapat menjadi berkat bagi mahasiswa dan alumni hukum.

Seminar Kebangsaan
Pada tanggal 29 Maret 2014, Komunitas Politik GC mengadakan Seminar Kebangsaan bertemakan “Pemilih yang Cerdas”. Victor Silaen, Daniel Adipranata, dan Gurgur Manurung menjadi pembicara seminar yang dilangsungkan di Gereja Anglikan Tugu Tani ini. Seminar yang membahas seluk-beluk perpolitikan di Indonesia itu dihadiri oleh sekitar 30 orang yang antusias berinteraksi dengan para pembicara, baik dalam sesi tanya-jawab, maupun dalam sesi kudapan setelah acara utama selesai. Salah satu yang menarik dalam acara tersebut adalah kesaksian Gurgur Manurung dan sahabat yang mendukungnya untuk maju sebagai caleg dari dapil Banten 3, yang menunjukkan bahwa sebenarnya perbedaan iman bukanlah menjadi sekat atau halangan untuk mendapat dukungan dari masyarakat. Kiranya Seminar Kebangsaan ini menularkan semangat untuk membangun bangsa, bukan sekedar memikirkan kesuksesan pribadi saja.

Divisi Gereja

Booklet Gereja
Atas pimpinan Tuhan, Divisi Gereja telah merancang dan membuat booklet tentang beban dan tanggung jawab serta strategi dalam melayani gereja pada bulan Februari 2014. Booklet ini akan disosialisasikan dan didistribusikan ke persekutuan mahasiswa dan alumni. Doakan kiranya booklet memperlengkapi mahasiswa dan alumni dalam berpartisipasi dan membangun gereja tempat mereka berjemaat.

Divisi PAK dan Jejaring

Pertemuan Pengurus PAK Indonesia se-Jabodetabek
Pada tanggal 8 Februari lalu, Divisi Pengembangan PAK mengadakan pertemuan pengurus PAK Indonesia se-Jabodetabek untuk saling berbagi mengenai program masing-masing, berdoa bersama, dan menyepakati kegiatan-kegiatan bersama. Pertemuan ini dihadiri oleh 25 orang dari beberapa pengurus PAK, di antaranya dari PAK Jakarta, PAK Sumbagsel, PAKSU, PAK Bandung, PAK Semarang, PAK Tangerang, dan PAK Bogor. Kiranya pertemuan ini mempererat hubungan antarPAK dan dapat mendukung pelayanan alumni di Indonesia.