Task Force Covid-19 Perkantas:
Bergerak di Semua Lini

Di tengah hingar-bingar berbagai pemberitaan mengenai jumlah kasus dan korban Covid-19 di Indonesia serta banyaknya pro dan kontra terkait bagaimana seharusnya Pemerintah menangani pandemi, ada orang-orang yang langsung terjun untuk mengulurkan bantuan. Salah satunya adalah tim Task Force Covid-19 Perkantas, yang terpanggil untuk mengisi jurang peran yang dibutuhkan di lapangan dalam meresponi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pelayanan difokuskan kepada kasus suspek, probable dan terkonfirmasi COVID-19 dengan gejala ringan yang dilayani oleh Perkantas dan rekan sepelayanan. Selain itu, tim juga membantu tenaga medis jejaring Perkantas yang ada di garda depan terkait COVID-19.

Adapun bentuk-bentuk dukungan yang diberikan, antara lain melakukan dukungan untuk surveilans kontak memfasilitasi layanan kesehatan yang dibutuhkan kasus suspek atau terkonfirmasi COVID-19, serta dukungan penyediaan masker, hand sanitizer, dan kebutuhan logistik lainnya yang terkait Covid-19.

Puji Tuhan, sepanjang bulan Juli hingga awal Agustus, telah didistribusikan 44 paket APD kepada individu maupun institusi jejaring Perkantas di seluruh Indonesia. Para penerima donasi juga diundang untuk bergabung bersama dalam persekutuan doa task force setiap Sabtu sore via zoom meeting. Melalui upaya penjangkauan secara online ini, diharapkan kebersamaan dan dukungan diantara sesama jejaring Perkantas medis dapat terbentuk.

Ke depannya, diharapkan TF dapat kembali mengirimkan 100 donasi APD dengan fokus utama kepada masker bedah dan N95; serta mengembangkan pelayanan Kesehatan Mental dan Media-Komunikasi. Untuk itu dibutuhkan tenaga, doa, maupun dana untuk menopang kegiatan dan pelayanan besar ini.

Tim Task Force Covid-19 Perkantas juga bergerak dengan menyelenggarakan webinar-webinar dalam upaya mengedukasi masyarakat, khususnya tenaga medis. Selain itu, dibuka pula ruang konseling berjejaring dengan rekan-rekan di pelayanan Perkantas Jawa Timur dan Perkantas Yogyakarta untuk membentuk tim Kesehatan Mental. Pelayanan ini akan membuka layanan konseling dan doa secara online bagi rekan-rekan yang terkena dampak COVID-19, baik tenaga medis, pasien maupun keluarga dari jejaring Perkantas yang membutuhkan pendampingan.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah ambil bagian dalam mendukung pelayanan yang besar ini. Semua kemuliaan hanya bagi Tuhan!

Tinggalkan Balasan

Translate »